Advokat Rahardian Budi Parsodjo,SH saat ditemui di sekretariat POSBAKUMADIN kota Kediri Jalan Cakrawesi RT/RW.039/003 Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri

Advokat Rahardian Budi Parsodjo,SH saat ditemui di sekretariat POSBAKUMADIN kota Kediri Jalan Cakrawesi RT/RW.039/003 Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri

Kediri, Pro Rakyat

Perkumpulan Advokat Indonesia atau masyarakat lebih mengenal dengan sebutan PERADIN telah menyiapkan pos bantuan hukum gratis bagi warga yang tidak mampu di seluruh Kecamatan Kota Kediri. Hal ini disampaikan, Sekretaris Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) kota Kediri advokat Rahardian Budi Parsodjo,SH saat ditemui di sekretariat POSBAKUMADIN Kota Kediri Jalan Cakrawesi RT/RW.039/003 Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Kamis (30/11).

Kepada wartawan, advokat Rahardian Budi Parsodjo,SH menyampaikan, masyarakat khususnya yang tidak mampu secara ekonomi biasanya kesulitan untuk mendapatkan bantuan hukum. Selain terkendala biaya, mereka juga tidak punya akses untuk mendapatkan bantuan hukum jika terbelit masalah pidana atau perdata.

“Kini, mereka tak perlu khawatir. Sebab, POSBAKUMADIN kota Kediri menyediakan pos bantuan hukum gratis bagi warga yang kurang mampu secara ekonomi,” kata Sekretaris POSBAKUMADIN kota Kediri advokat Rahardian Budi Parsodjo,SH.

Dikatakan Rahardian, pihaknya memberikan bantuan hukum secara gratis itu sebagai bentuk dari amanat Undang-undang nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum. Dimana dalam salah satu pasalnya disebutkan bahwa bantuan hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum secara cuma-cuma (gratis) kepada penerima bantuan hukum.

“Penerima bantuan hukum adalah orang atau kelompok warga miskin yang tidak dapat memenuhi hak dasar secara layak dan mandiri menghadapi masalah hukum,” papar anak dari pemilik koran harian Surabaya sore ini.

Lebih lanjut, pria lajang ini menjelaskan, sejak awal Undang-undang nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum berlaku, masyarakat tidak mengerti bahwa pemerintah telah menyediakan fasiltas bantuan hukum gratis bagi warga tidak mampu.

Untuk mensosialisasiakan niat baik pemerintah itu, Ketua Umum PERADIN Ropaun Rambe dengan tegas memerintahkan seluruh advokat yang tergabung dalam organisasi advokat PERADIN agar membentuk pos bantuan hukum gratis yang disingkat dengan POSBAKUMADIN diseluruh pelosok daerah Indonesia.

“Perintah Pak Ropaun Rambe (Ketum PERADIN;red) advokat PERADIN wajib turun langsung membentuk pos-pos bantuan hukum gratis ke daerah-daerah seluruh Indonesia dan menjalin kerjasama dengan pihak Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan setempat,” ungkapnya.

“Pak Ropaun Rambe juga memerintahkan agar Advokat PERADIN memberikan penyuluhan hukum ke daerah-daerah terpencil, warga desa, pelajar, narapidana, pemerintah desa, dan menjalin kerjasama dengan universitas dan pihak-pihak lain,” tambahnya.

Untuk diketahui, pemerintah setiap tahunnya telah menyediakan peningkatan anggaran bantuan hukum kepada masyarakat miskin. Tahun depan 2018, anggaran bantuan hukum bagi masyarakat miskin diperkirakan naik menjadi 2 kali lipat. Dari sekitar Rp 35 miliar menjadi Rp 70 miliar hingga Rp75 miliar secara nasional.

Sementara, syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat jika meminta pendampingan hukum terhadap POSBAKUMADIN Kota Kediri adalah penerima bantuan hukum harus warga miskin dengan didukung oleh Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kepala Desa atau kelurahan.

Setelah mendapatkan surat keterangan itu, baru tim POSBAKUMADIN Kota Kediri melalui sekretariatnya akan mengirimkan berkas itu ke Badan Penyuluhan Hukum Nasional di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Setelah itu, baru akan melakukan pendampingan hukum kepada kliennya secara gratis, mulai dari awal perkara sampai putusan (inkracht;red).

Melalui media ini, advokat Rahardian Budi Parsodjo,SH berpesan, bagi warga yang tidak mampu dan membutuhkan pendampingan hukum (Advokat) segera  datang langsung ke :

Sekretariat POSBAKUMADIN kota Kediri

Sekretariat POSBAKUMADIN kota Kediri

 

 

 

 

 

 

“Kantor POSBAKUMADIN atau kantor PERADIN Kediri di Jalan Cakrawesi RT/RW.039/003 Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri atau dapat menghubungi nomor : 083831564259  atau 0812 1696 7877”. (Parlind’s)