IMG-20171129-WA0028

Kejagung Rilis Penangkapan Aktor Intelektual Kasus Korupsi P2SEM, Rabu (29/11)

Surabaya, Pro Rakyat

Buronan kelas kakap korupsi dana bantuan hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Provinsi Jatim tahun 2008, dr. Bagoes Soetjipto Soelyoadi koesoemo berhasil ditangkap oleh tim Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung) RI di Malaysia, Selasa (28/11). Sore ini, dr Bagoes akan dibawa ke Surabaya untuk menjalani hukuman atas beberapa putusan Pengadilan di Jawa Timur.

“Sore ini kami bawa ke Surabaya, mungkin sampai di Kejati Jatim antara jam 5 sampai jam 6,”ujar Asisten Pidana Khusus (Aspidus) Kejati Jatim, Didik Farkhan Alisyahdi saat dikonfirmasi melalui selulernya, Rabu (29/11).

Diakui Didik, saat ini pihaknya dengan Kejagung telah mempersiapkan keberangkatan membawa buronan itu ke Surabaya. “Saya juga ikut menjemput terpidana kasus korupsi P2SEM ini,”sambung Mantan Kajari Surabaya itu.

IMG-20171129-WA0029

dr Bagoes menggunakan rompi tahanan saat di keler menuju Kejagung RI, Selasa (28/11)

dr. Bagoes Soetjipto Soelyoadi koesoemo merupakan terpidana utama kasus korupsi dana bantuan hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Provinsi Jatim tahun 2008. Dia ditetapkan sebagai buron sejak 2010.

dr Bagoes Soetjipto tertangkap di tempat persembunyiannya di Johor Bharu Malaysia. Kemudian ia dibawa ke Batam melalui Setulang Laut, Johor Bharu Malayisa, Selasa (28/11/2017). Pelaku dibawa ke tanah air dengan menumpangi MV Ceria Indomas.Kapal sampai di Pelabuhan Batam Centre sekitar pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya dr Bagoes di bawa ke Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) untuk dilakukan proses adminsitrasi sebelum dibawa ke Jakarta.

dr. Bagoes merupakan aktor intelektual kasus P2SEM. Salah satu kasus korupsi yang diperuntukkan untuk Ponorogo, Bagoes memakai nama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Multi Culture. Namun LSM itu ternyata fiktif dan tidak punya kegiatan apa-apa.

Proses hukum dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RSUD dr. Soetomo itu sebenarnya sudah masuk tahap agenda penuntutan. Jaksa bahkan sudah sempat menuntutnya tujuh tahun penjara.

Ada 162 perkara yang ditangani beberapa Kejaksaan di wilayah Jawa Timur. Perkara itu juga sudah punya kekuatan hukum tetap (inkracht).

Beberapa putusan yang sudah dijatuhkan kepada Bagoes antara lain PN Sidoarjo, PN Ponorogo, dan PN Jombang masing-masing dengan hukuman 7 tahun penjara serta PN Surabaya (pelimpahan Kejari Tanjung Perak) dengan hukuman 7 tahun 6 bulan penjara.

Sedangkan kasus P2SEM ini juga menyeret banyak anggota DPRD Jatim periode 2004-2009 dan beberapa pejabat Pemprov Jatim. Bahkan Ketua DPRD Jatim saat itu Fathorrasjid ikut terseret dan dijebloskan ke jeruji besi selama 3 tahun. (Nur/Kas)