Surabaya, Pro Rakyat

Kebakaran hebat kembali terjadi di Surabaya. Kali ini Si Jago Merah menyasar gudang kayu di Pergudangan Osowilangon Permai No 61 Blok E No.11 Senin (11/10/2016). Kebakaran yang pertama kali diketahui oleh salah seorang karyawan pada pukul 07.00 WIB belum diketahui penyebabnya. Api dengan cepat membakar gudang tersbeut dikarenakan dalam gudang penyimpanan itu  berisi tumpukan kayu Flooring dan Parket.

Chandra Oeratmangun Kepala Dinas Kebakaran Kota Surabaya mengatakan, bahan material kayu Flooring dan Parket sangat sulit dipadamkan, karena tumpukannya terlalu padat. “Api ini susah dipadamkan, karena gudang berisi material kayu padat, selain itu, sumber air yang terdekat di Pergudangan ini tidak ada. Biasa di Pergudangan itu ada tandon atau sumber air yang bisa dipakai tapi ini tidak ada,” ujarnya di lokasi, Senin (10/10/2016).

Chandra Oratmangun saat meninjau lokasi terjadinya kebakaran gudang kayu, Senin (10/10/2016)

Chandra Oratmangun saat meninjau lokasi terjadinya kebakaran gudang kayu, Senin (10/10/2016)

Sejak pukul 08.00 WIB petugas PMK terus melakukan upaya pemadaman dengan menerjunkan 14 unit mobil pemadam. Tembok kiri-kanan gudang dijebol untuk mengarahkan tembakan air. Mobil air Supply hilir mudik mengambil air dari terminal Osowilangon. “Sementara di sini, kami juga memanfaatkan air dari parit untuk supply air. Kami berupaya terus, karena ini butuh air yang banyak,” katanya.

Meskipun di lokasi sempat diguyur hujan sebentar dan cukup membantu pemadaman api, nyatanya api belum dapat sepenuhnya padam. Saat ini pembasahan terus dilakukan karena bara api di tumpukan kayu ini masih bisa menimbulkan api.

Chandra mengatakan, di kawasan pergudangan seperti ini seharusnya ada pusat sumber air yang bisa diambil untuk menangani kebakaran. “Kami kesulitan cari air, padahal banyak butuh air. Tenaga kami bisa menyemprot di 20 arah sebenarnya kalau air full,” katanya. (Firman)

 

Editor : Parlind’s