desa_prayungan_nganjuk

Suasana gelaran sedekah bumi dan ruwatan masal di Desa Prayungan Kecamatan Nglengkong, Nganjuk, Sabtu (13/8/2016) dan Kades Suparno (inzet).

NGANJUK, Prorakyat  –

Ada pemandangan yang berbeda di Desa Prayungan Kecamatan Nglengkong, Nganjuk, Sabtu (13/8/2018) kemarin. Seluruh masyarakat dan jajaran Muspika setempat, berkumpul di punden yang terletak di Dusun Lengki. Mereka menggelar sedekah bumi dan ruwatan masal.

Selain Kepala Desa Prayungan, Suparno, nampak hadir pula Kades Ketandan Pinggir, Babinkamtibmas, dan pejabat lainnya serta tokoh masyarakat.

Kades Suparno mengatakan tujuan dari sedekah bumi dan ruwatan masal yakni mengingat dan meneruskan apa yang menjadi adat istiadat para leluhur kita.

“Di sisi lain, agar Desa Prayungan terhindar dari marabahaya dan warga desanya dilimpahkan rizki dan kesehatan. Kepada warga, saya berharap selalu tetap menjalin silahturohmi dan tenggang rasa,” ujar Suparno dihadapan sejumlah undangan.

Gelar acara hari itu kian marak dengan penampilan seni tradisional Jaranan dan hiburan musik campursari. Saat sore hingga malam berlangsung pengajian umum dan ceramah agam sebagai siraman rohani bagi warga setempat.

Penulis: Sony – editor: eddybrintiq