mihol

Kompol Lily Djafar (tengah) didampingi KBO Satsabhara (kiri) dan wakasat Sabhara (kanan) menunjukan barang bukti hasil sitaan, Senin (8/8/2016)

SURABAYA, Pro Rakyat –

Satuan Sabhara Polrestabes Surabaya bekerjasama dengan Satpol PP Kota Surabaya dan Gartap III, melakukan sweping sejumlah tempat hiburan di seluruh kecamatan di Surabaya pada pekan lalu, tepatnya pada tanggal 1-6 Agustus 2016.

Dari operasi yang digekar tersebut petugas berhasil mengamankan total 3.183 botol minuman beralkohol (minhol) Golongan A, 215 minhol Golongan B, dan 236 minhol golongan C.

Kabag Humas Polrestabes Surabaya, Kompol Lily Djafar, menjelaskan, pihaknya beserta anggota Satpol PP dan Gartap III tengah gencar melakukan razia tempat hiburan malam atau cafe, hal ini untuk menertibkan tempat hiburan malam atau cafe yang tidak mengantongi legalitas perijinan.

“Kami beserta Satpol PP dan Gartap III bekerjasama melakukan giat operasi dengan sasaran kedai atau cafe yang tidak memiliki ijin,” terangnya.

Kompol Lily menambahkan, upaya ini dilakukan, juga untuk mengawal Perda Kota Surabaya terkait peredaran minhol.

“Meskipum botol-botol ini bercukai, namun pemilik cafe atau tempat hiburan itu tidak dapat menunjukan ijin beroperasi, mereka ini melanggar pasal 62 dan 28 Perda Kota Surabaya nomor 1 tahun 2010, karena itu kami lakukan tindakan tegas dengan melakukan penyitaan,” imbuhnya.

Selain penyitaan botol-botol minuman beralkohol tersebut, petugas juga mengenakan sanksi berupa tindak pidana ringan (tipiring) kepada 11 orang tersangka, yang diciduk dari 14 TKP berbeda. Jadwalnya mereka akan disidangkan pada 9 dan 11 Agustus 2016 di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Ketika ditanya terkait barang hasil sitaan tersebut, Kompol Lily menegaskan pihaknya sedang menunggu keputusan pengadilan apakah barang ini akan dimusnahkan atau dikembalikan.

“Kami berusaha melakukan prosedur yang ada, jadi untuk barang-barang ini akan dimusnahkan atau dikembalikan itu tergantung keputusan hakim,” pungkas perempuan dengan satu melati di pundaknya itu.

Penulis: Firman – editor: eddybrintiq