pramuka

Kontingen Pramuka Kota Surabaya saat meminta restu ke Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, Selasa (9/8/2016).

SURABAYA, Pro Rakyat –

Sebanyak 32 Pramuka Penggalang dari berbagai Gugus Depan mendatangi Gedung DPRD Kota Surabaya. Mereka mewakili Kwartir Cabang Surabaya (Kwarcab) dalam ajang Jambore Nasional (Jamnas) X tahun 2016 di Cibubur, Jakarta Timur. Kedatangan mereka disambut oleh Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Hj. Siti Mariyam.

Dalam lawatannya, kontingen Kwarcab Surabaya tersebut hendak pamit dan memohon do’a restu atas keberangakatannya di Jamnas X. Para penggalang sempat bertatap muka dan bercengkerama dengan Kak Mariyam (panggilan Pramuka) di ruang Badan Pembentukan Perda.

Menurut Mariyam, setelah ditempa dalam diklat selama 3 bulan, Pramuka harus kuat dalam segala hal khususnya di ajang Jamnas X, sebab yang sebelumnya mereka berkumpul dengan keluarga, adik, kakak, dan saudara, harus bisa mandiri karena tempat Jambore yang jauh dari rumah.

“Semoga kompak, dan mandiri dalam berkompetisi di Jambore Nasional nanti,” pesannya.

Koordinator Wilayah 1 Kwarcab Surabaya, Eko Suyono, mengatakan dari 120 peserta seleksi jamnas pada April lalu, terpilihlah 32 penggalang dan tiga cadangan dari berbagai Gugus Depan yang bermarkas di SMP di Surabaya terpilih sebagai duta Surabaya dalam ajang Jambore Nasional X.

“Tim Kwarcab Surabaya sendiri sebanyak 32 penggalang, dibagi dalam tim putra 2 regu dan putri 2 regu serta pendamping sebanyak 4, terdiri dari 2 putra dan 2 putri,” ucapnya.

Selanjutnya, mereka ditempa melalui pendidikan dan pelatihan selama 3 bulan Pusdiklatcab Kwarcab Surabaya. Sesuai juknis Jamnas mereka didiklat yang salah satu materinya adalah perkemahan dan kegiatan air.

Kemudian, kontingen Jamnas Surabaya melanjutkan lawatannya ke Taman Surya, ke rumah dinas Wakil Walikota, Whisnu Sakti Buana. Melakukan hal yang sama, berpamitan dan memohon do’a restu kepada wakil Pembina, ex officio, sekaligus Wawali Surabaya tersebut.

Menurut Whisnu, dalam momen Jamnas ini, tidak akan ada kesempatan kedua bagi penggalang yang lolos seleksi mengikuti ajang tersebut. Dirinya berharap, para kontingen Surabaya mengeluarkan seluruh kemampuan yang ada karena membawa nama baik Kota Surabaya.

“Curahkan seluruh yang kalian punya, kekuatan maksimal kalian. Jangan mudah menyerah, saya yakin disana tidak mudah dan tidak gampang,” wejangnya.

Kontingen Kwarcab Surabaya akan turut bagian dalam kegiatan nasional bersama ratusan ribu penggalang se-Indonesia melakukan pertemuan besar melalui ajang Jambore Nasional X, yang rencananya akan dihelat di Bumi Perkemahan Wiladatika, Cibubur, Jakarta TImur.

Penulis: Agunk – editor: eddybrintiq