ft9-tgperak

Kapolres Tanjung Perak AKBP Takdir Matanette (paling kanan) didampingi Kabag Humas Polres Tanjung Perak, AKP Djanu (paling kiri) menunjukan barang bukti (BB) dan tersangka penipuan.

SURABAYA, Pro Rakyat –

Kepolisian Resor (Polres) Tanjung Perak mengamankan dua orang tersangka, salah satunya mengaku sebagai anggota polisi berpangkat Kombes Pol yang bertugas di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jatim. Yakni Musa (46) warga Jalan Pandugo dan Rusdi (44) warga Dukuh Bulak Banteng Suropati Surabaya. Para pelaku ditengarai adalah komplotan penipu berkedok pengurus keberangkatan jamaah haji.

“Kami mengamankan dua tersangka dan satu tersangka lain, yaitu R yang masih buron. Untuk meyakinkan korbannya, tersangka M mengaku perwira di jajaran Polda jatim,” ujar Kapolres Tanjung Perak AKBP Takdir Matanette, kepada media, Senin (1/8/2016).

Dikatakan AKBP Takdir, pelaku ditangkap pada Senin (25/07/2016) lalu pukul 20.00 di Jalan Tambak Dalam Baru Surabaya, atas laporan tiga korban yaitu Basirudin, Marsilan dan Diya yang melapor ke Polsek Asemrowo Surabaya.

Dalam operandinya, pelaku membagi tugas, yaitu Rusdi bertugas mencari korban yang berkeinginan mendaftar dan menunaikan haji dengan cepat. Sedangkan Musa sebagai orang yang meyakinkan korban agar tidak ragu. Musa pun menggunakan atribut Polri yang digantung di rumah dan mobilnya.

Diduga masih ada korban lain dari , maka AKBP Takdir menghimbau agar masyarakat mau melaporkan dengan tersangka dan modus yang sama.

“Kami menghimbau agar masyarakat mau melaporkan ke Polsek terdekat, jika merasa pernah menjadi korban dengan modus serupa,” ujar mantan Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya ini.

Polisi juga menyita beberapa barang bukti, satu lembar kwitansi pembayaran tanggal 31-10-2015, satu buah korek api berbentuk pistol bermerk Bareta, satu buah celana warna coklat, satu buah topi lalu lintas dan uang tunai sebesar Rp 500.000.

Untuk sementara kerugian yang diderita korban mencapai lebih dari Rp 100.000.000. Para pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Penulis: Firman – Editor: eddybrintiq