IMG-20160726-WA0006_1469527573196-ok

Kabagops polrestabes surabaya AKBP Erik Kusnaedi (ujung kanan) dan Kanit Gegana AKBP Djadjuli (tengah), siap mengamankan Festival Tunjungan.

SURABAYA, Pro Rakyat

Rangkaian acara dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terkait ditunjuknya kota Surabaya sebagai tuan rumah Prepcom III UN Habitat. Dalam hal ini pemkot surabaya menggelar acara Festival Tunjungan yang diadakan di sepanjang jalan Tunjungan Surabaya, untuk masyarakat sebagai cara menarik antusiasme masyarakat surabaya.

Bukan hanya itu, pemkot juga berkoordinasi dengan Polda Jawa Timur dan Polrestabes Surabaya, untuk melakukan upaya omptimalisasi dan antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diiginkan.

Kabagops yang ditunjuk dan bertanggung jawab terhadap pengamanan gelaran kali ini adalah AKBP Erik Kusnaidi dari Polrestabes Surabaya

Erik Kusnaidi menjelaskan bahwa ada sekitar total 2.300 personil yang diterjunkan, namun untuk di wilayah festival tunjungan hanya beberapa dan dilakukan mobilisasi personil.

“Total personil kami 2.300 terdiri dari unsur Polda, Polres, TNI, Linmas, dan Brimob. Untuk wilayah ini hanya sepertiga dari personil yang kami lakukan mobile,” ujar AKBP Erik.

Untuk teknis pengaman sendiri gabungan tiga pilar, yakni Polres, Pemkot (Linmas) dan TNI. Utamanya rekayasa arus lalulintas dan pengamanan barang yang masuk ke area festival tunjungan kali ini.

Tampak pula tim Gegana yang dengan tegas memeriksa setiap barang bawaan pengunjung yang dinilai mencurigakan.

“Ini adalah bagian dari tindakan antisipasi kami,” ujar salah satu anggota Brimob.

Rencananya gelaran festival tunjungan ini sendiri akan dilaksanakan selama dua hari, pada 26-27 Juli 2016.

Oleh: Firman – Editor: eddybrintiq